Jumat, 23 Januari 2015

5 Kuliner Favorit di Bogor


Bogor  yang terletak di sebelah selatan Jakarta dan merupakan salah satu kota yang memiliki penduduk cukup padat. Kota ini dijuluki Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Bogor banyak dihuni oleh Suku Sunda. Tidak hanya itu, suku lain misalnya Suku Betawi juga banyak yang menetap di Bogor.

5-kuliner-favorit-di-bogor
Cungkring
 
Banyak peninggalan sejarah yang ada di tempat ini, begitupun budaya yang berkembang melahirkan banyak kuliner maupun adat istiadat baru.
Beberapa kuliner yang berasal dari kota Bogor diantaranya adalah Asinan Bogor, soto Bogor, toge goreng, dan lain-lain. Sedangkan untuk minuman, Bogor memiliki 2 (dua) minuman khas yaitu Es Pala dan Bir Kocok.
Berikut adalah 5 kuliner terfavorit di Bogor yang bisa anda nikmati jika anda kebetulan berada di Bogor atau kebetulan berkunjung ke Bogor.
1.       Toge goreng
Toge goreng adalah makanan khas yang bisa anda temui hanya di Bogor saja. Makanan ini adalah jenis makanan yang biasa digunakan untuk menemani ketupat dan mie kuning. Harga yang murah serta rasa yang enak membuat makanan ini memiliki tempat di hati masyarakat Bogor. Walaupun memiliki nama Toge Goreng, sebenarnya makanan ini tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus.
Tidak sulit untuk menemukan Toge Goreng di kota Bogor karena hampir di semua wilayah Bogor banyak yang menawarkan makanan ini.
2.       Asinan Bogor
Asinan Bogor adalah makanan yang sangat nikmat apabila disajikan dengan kuah asam. Terlebih jika makanan ini disantap dengan kacang goreng dan kerupuk. Asinan Bogor sering dinikmati pada siang hari, terutama ketika udara sangat panas. Selain asinan yang berupa buah, Asinan Bogor juga terkadang dibuat sebagai sayur yang dicampur dengan wortel, touge, serta sawi.
Jika anda berminat untuk mencicipi Asinan Bogor, cobalah untuk datang ke Gedung Dalam.
3.       Cungkring
Cungkring adalah sebutan untuk salah satu kuliner khas Bogor yang menggunakan bahan dasar kikil serta kepala kambing. Makanan ini sering disajikan dengan kuah serta sambal kacang. Selain itu, anda juga bisa menikmatinya dengan lontong, makanan yang satu ini sungguh nikmat.
Salah satu tempat yang bisa anda tuju untuk menemukan Cungkring adalah Jalan Surya Kencana Bogor. Selain berharga murah makanan ini juga dijamin akan menggoyang lidah anda.
4.       Es Pala
Jika anda adalah penikmat minuman minuman segar, cobalah minuman yang satu ini.
Apakah anda pernah mendengar namanya?
Es Pala menggunakan bahan utama buah pala. Buah pala yang banyak kita temui di kota Bogor membuat minuman ini menjadi salah satu minuman favorit warga Bogor. Es Pala bisa dijadikan sirup, gula, atau minuman jenis lainnya.
Cara penyajian Es Pala yaitu, irisan buah pala yang dicampur dengan air gula dan dan kemudian diberi es. Rasanya segar dan nikmat.
Salah satu tempat yang menawarkan Es Pala yang cukup terkenal yaitu Es Pala kang Ujang yang berlokasi di Gang Aut Jalan Surya Kencana Bogor.
5.       Bir Kocok
Bir Kocok bukanlah minuman yang terbuat dari air berkadar alkohol, akan tetapi ini adalah Es Bir dingin yang memiliki warna kuning dan memiliki busa berwarna putih seperti Bir yang terbuat dari bahan alami.
Minuman ini terbuat dari bubuk kayu manis, air, cengkeh, gula dan jahe. Warna kuning pada air Bir Kocok berasal dari kayu manis. Sedangkan busanya didapat dari campuran air cengkeh air, dan jahe.
Minuman ini sering kali disajikan pada saat siang hari menggunakan gelas besar.
Jika anda tertarik untuk menikmati Bir Kocok, cobalah untuk datang ke Jalan Surya Kencana dimana anda juga bisa menemukan banyak kuliner lain seperti mie ayam, pepes sagu, dan bakso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar