Rabu, 28 Januari 2015

5 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Anda Cicipi



Berkunjung ke Yogjakarta tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mencicipi kuliner khas kota ini. Kota Jogja yang terkenal dengan kota yang murah meriah, ternyata memiliki banyak kuliner yang memiliki rasa sungguh luar biasa. Nah, bagi anda yang kebetulan sedang mampir ke Jogja atau ada rencana untuk berkunjung kesana, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa menu kuliner khas Jogja.

5-kuliner-khas-jogja-yang-wajib-anda

Berikut adalah beberapa kuliner khas Yogyakarta yang bisa anda cicipi :
1.       Gudeg
Gudeg Identik dengan Jogja dan gudeg merupakan salah satu ikon wisata kuliner Yogjakarta yang sudah terkenal hingga santero Indonesia. Tidak sulit untuk menemukan gudeg di Jogja, karena sudah hampir pasti bisa kita temukan di setiap pelosok kota ini.
Gudeg dibuat dari nangka, memiliki cita rasa manis yang berasal dari gula merah. Warnanya yang terlihat kemerah-merahan berasal dari daun jati. Gudeg ada dua jenis, yang pertama adalah gudeg basah dan yang kedua adalah gudeg kering.
Gudeg basah biasanya dijual pada malam hari di atas jam 8 atau jam 9 karena gudeg ini tidak begitu awet. Sedangkan gudeg kering, biasa dijual sepanjang hari karena lebih awet.
Gudeg basah memiliki cita rasa yang unik dan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan gudeg kering.
Salah satu tempat yang bisa anda tuju untuk mendapatkan kuliner khas Jogja ini adalah Gudeg Tugu yang berada tepat di utara perempatan Tugu Jogja. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Malioboro dan sangat mudah dijangkau.
2.       Angkringan
Tidak sulit untuk menemukan angkringan di Yogjakarta, karena hampir di setiap tempat terdapat angkringan. Biasanya angkringan lebih sering buka mulai sore hari hingga tengah malam atau dini hari.
Angkringan adalah tempat nongkrong atau tempat makan dengan budget terbatas. Harga nasi berbungkus yang biasa kita sebut dengan nasi kucing adalah sekitar Rp. 1.000 hingga Rp. 2000 per bungkus. Nasi yang dibungkus daun pisang ini tidak memiliki banyak lauk, hanya tempe atau tahu, dan juga sambal yang dicampur dengan ikan teri.
Para mahasiswa banyak yang menghabiskan waktu malam mereka di angkringan-angkringan sambil melempar canda tawa dan obrolan-obrolan ringan.
Berbagai menu tambahan mulai dari bakwan, tahu isi, sate usus, sate telur puyuh, ceker ayam, bacem, dan masih banyak lagi ditawarkan di tangkringan. Tak hanya itu, jika anda ingin, anda juga bisa memesan beberapa minuman seperti kopi, teh, dan lain-lain.
Salah satu angkringan yang cukup terkenal adalah angkringan yang terletak di dekat Stasiun Tugu Yogjakarta. Di sana anda bisa menemukan salah satu minuman khas jogja yaitu kopi joss, sebuah minuman unik yang terbuat dari kopi dan dicelupkan arang panas yang masih membara.
3.       Bakpia
Kuliner yang satu ini, tentu tidak asing di telinga anda bukan? Rasanya yang enak dan gurih menjadi alasan mengapa bakpia banyak diburu sebagai oleh-oleh. Anda bisa menemukan penjual bakpia disepanjang Jalan Malioboro. Tidak hanya disana, toko oleh-oleh Jogja disepanjang jalan Jogja-Solo juga selalu memiliki persediaan bakpia.
4.       Geplak
Geplak adalah kuliner yang terbuat dari gula, kelapa dan pewarna. Ini juga merupakan oleh-oleh khas Jogja yang sering dibawa oleh para pelancong sebagai buah tangan untuk keluarga maupun teman-teman mereka. Jika anda berjalan jalan di sekitar Malioboro, terutama di Pasar Beringharjo, di bagian depan anda akan melihat banyak sekali penjual geplak.
5.       Coklat monggo
Coklat monggo adalah coklat khas Yogjakarta yang ditemukan oleh salah satu turis yang berasal dari luar negeri. Coklat ini kemudian dikembangkan dan diolah sehingga menjadi cita rasa tersendiri karena menggunakan coklat atau kakao yang berasal dari Yogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar