Minggu, 25 Januari 2015

5 Makanan Khas Bandung


Sebagai sebuah kota yang cukup maju dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, Bandung memiliki banyak kuliner yang rasanya nikmat dan lezat. Jika anda berkunjung ke Bandung, cobalah mencicipi masakan khas seperti bala-bala, karedok, combro, batagor, dan masih banyak makanan khas Bandung yang lainnya.

5-makanan-khas-bandung
Ambokueh

Diantara makanan-makanan khas tersebut, saya akan mencoba menghadirkan 5 makanan khas yang memiliki keunikan dan rasa tidak biasa. Berikut adalah 5 makanan khas Bandungtersebut, diantaranya adalah:
1.      Ambokueh
Makanan ini adalah makanan yang biasa disajikan oleh mereka yang beragama non muslim. Ambokueh adalah salah satu makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung beras, kemudian dicampurkan dengan toge goreng,sayuran timun, dan lain-lain, kemudian dicampur juga dengan cairan bumbu. Ambokueh tidak dimakan dengan nasi melainkan hanya dicemil begitu saja. Makanan ini adalah makanan yang berasal dari warga keturunan Tionghoa.
2.      Bala-bala
Bala-bala adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dan sayuran, dimasak dengan cara digoreng.Bisa dinikmati oleh hampir semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Bala dalam bahasa sunda artinya adalah “sampah”. Mungkin karena makanan ini terdiri dari berbagai jenis sayuran sehingga terlihat seperti sampah yang campur aduk. Akan tetapi, rasanya sangat nikmat. Makanan khas bandung ini juga biasa di jual dan di sukai anak-anak SD lho.
3.      Combro
Di Jawa Barat atau tepatnya di Bandung, combro biasa disebut comro atau gemet. Ini adalah salah satu makanan khas yang rasanya sangat unik.Berbahan pembuatan combro adalah singkong yang kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan sebesar bola pimpong dan diisi dengan sambal oncom. Biasanya dimasak dengan cara digoreng. Menurut orang sunda, combro adalah singkatan dari oncom di jero yang artinya adalah oncom yang ada didalam. Baik combro dan gamet memiliki kesamaan dan biasanya sangat enak apabila dinikmati saat masih hangat.
4.      Karedok
Jika anda adalah seorang pencinta lalapan, maka karedok adalah pilihan tepat yang bisa anda cari jika anda kebetulan berada di Bandung. Karedok atau disebut juga keredok adalah salah satu makanan khas dari Bandung yang terbuat dari beberapa sayuran mentah seperti kacang panjang, touge, mentimun, kol, terong, dan kemangi.
Lalapan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang,yang terbuat dari cabe merah, kacang tanah, kencur, gula jawa, air asam, bawang merah dan bawang putih.
Bahan-bahan pembuatan karedok di atas, tidak ada yang dimasak. Namun rasanya tentu saja sangat nikmat. Anda bisa memakannya tanpa nasi atau menggunakannya sebagai lalapan ditemani dengan ikan atau ayam goreng.
5.      Gepuk
Makanan yang satu ini memang sedikit jarang terdengar akan tetapi makanan yang terbuat dari daging ini rasanya sangat nikmat dan unik. Selain itu tentu saja makanan ini banyak mengandung gizi. Gepuk atau empal adalah makanan khas yang berasal dari Bandung. Dan di daerah asalnya, makanan ini menjadi salah satu favorit warga sunda.
Gepuk biasanya terbuat dari daging sapi tanpa lemak. Gepuk memiliki cita rasa yang gurih dan manis dan warnanya biasanya sedikit coklat kehitamanm dan daging sapi yang disajikan berbentuk irisan tipis. Pembuatan gepuk sangat unik karena terlebih dahulu harus di pukul atau ditumbuk kemudian direndam di dalam bumbu.Ini dimaksudkan untuk menjadikan daging sapi lebih empuk.
Gepuk sangat nikmat apabila disajikan dengan nasi yang hangat serta sambal yang sedikit pedas.

Setelah puas menikmati makanan khas Bandung, tentunya Anda juga ingin berbelanja pakaian murah , kita lihat disini yuk !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar