Jumat, 23 Januari 2015

5 Tujuan Wisata Kalimantan Yang paling Diminati


Wisata Kalimantan memang tidak setenar wisata pulau Lombok atau pulau Bali. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti bahwa Kalimantan tidak memiliki beberapa objek wisata yang eksotis dan menarik. Bahkan di beberapa tempat di Kalimantan, terdapat objek wisata yang sangat unik dan tidak dimiliki oleh pulau-pulau di Indonesia.

5-tujuan-wisata-kalimantan-yang-paling-diminati
Pesona Kalimantan Tengah

Beberapa dari anda mungkin menyukai tantangan dan ingin mengenal lebih jauh pulau Kalimantan, berwisata sambil menjelajah adalah pilihan tepat. Akan tetapi pastikan anda membaca terlebih dahulu tips berwisata ke Kalimantansebelum anda memutuskan untuk pergi ke suatu tempat di Kalimantan.
Berikut adalah 5 (lima) tujuan wisata Kalimantan yang paling diminati oleh wisatawan.
1.       Tugu khatulistiwa
Tugu khatulistiwa yang ada di Kalimantan barat tepatnya di Kota Pontianak adalah objek wisata yang sangat menarik. Tidak hanya itu, jika anda berkunjung ke Kalimantan, maka tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Tugu Khatulistiwa di Pontianak.
Jika anda berkunjung ke Tugu Khatulistiwa cobalah untuk mendapatkan beberapa oleh-oleh seperti replika tugu khatulistiwa untuk dibawa pulang.
Tugu ini memiliki keunikan tersendiri karena pada beberapa momen tertentu, anda bisa menyaksikan fenomena alam dimana segala sesuatu yang berada di sekitar tuku tidak memiliki bayangan. Fenomena tersebut hanya terjadi 2 kali dalam setahun. Sehingga, anda harus memiliki jadwal yang tepat untuk berkunjung kesana.
2.       Bukit bangkirai
Ini adalah sebuah bukit yang berada di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan alam sekaligus melihat hutan yang ditumbuhi Pohon Bangkirai. Selain itu, di tempat ini juga terdapat jembatan gantung yang bisa anda manfaatkan untuk menguji adrenalin dan untuk menyaksikan alam sekitar dari ketinggian.
3.       Pasar terapung
Jika anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, Pasar Terapungadalah tujuan wisata yang tepat, karena ini adalah budaya jual beli yang telah mengakar sejak dahulu kala di Kalimantan Selatan.
Ada dua pasar terapung yang sangat terkenal di Kalimantan Selatan, yaitu Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Terapung Muara Kuin.
Masing-masing pasar terapung memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Akan tetapi, yang jelas pasar terapung bisa anda nikmati hanya pada pagi hari. Oleh karena itu, anda harus bangun pagi-pagi sekali misalnya pada saat subuh. Karena pada saat itulah pasar terapung mulai beroperasi dan akan selesai pada pukul 08:00 atau 09:00.
4.       Pasar intan Martapura
Martapura sudah terkenal sejak dahulu sebagai salah satu kota yang menawarkan dan memiliki intan serta berlian. Kota ini adalah kota yang banyak dihuni oleh pendulang intan.
Jika anda tertarik untuk mengkoleksi beberapa batu mulia tersebut, cobalah untuk datang ke Martapura. Selain itu, anda juga bisa langsung menyaksikan bagaimana para pendulang intan berusaha untuk mengais rezeki di tempat ini.
5.       Kepulauan derawan
Keindahan kepulauan derawan sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Kepulauan derawan memiliki pemandangan alam dan pantai serta pemandangan bawah laut yang paling menakjubkan di belahan Timur Indonesia. Selain Raja Ampat dan beberapa tempat di Sulawesi, Kepulauan Derawan adalah salah satu tempat yang menyajikan surga bagi para penyelam.
Kepulauan Derawan terletak di pulau Kalimantan tepatnya di Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar