Sabtu, 31 Januari 2015

Pesona Kawah Putih Bandung


Kawah Putih Bandung adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh warga di sekitar Bandung maupun wisatawan yang datang dari luar daerah. Kawah Putih ini mulai terkenal sejak tahun 1837 ketika seorang berkebangsaan Jerman yang mulai meneliti dan menemukan tempat ini.

pesona-kawah-putih-bandung

Sejarah Singkat Kawah Putih
Dikatakan bahwa ahli botani berkebangsaan Jerman tersebut sangat penasaran dengan keadaan di desa yang sangat sunyi dari kicauan burung.Tentu saja ini menyebabkan rasa penasaran serta keingintahuan penyebab fenomena tersebut. 
Berbekal cerita yang beredar di masyarakat, yaitu, terdapat sebuah tempat angker yang selalu menyebabkan burung-burung mati apabila melewatinya, kemudian ahli botani berkebangsaan Jerman tersebut mulai menjelajah dan mencari tahu apakah kebenaran atau fakta yang disampaikan oleh warga tersebut bisa dipercaya atau tidak. Dalam perjalanannya tersebut sang ahli botani kemudian menemukan Kawah Putih. dan ternyata uap dikawah inilah yang menyebabkan burung mati.

Objek Wisata Kawah Putih
Hingga saat ini Kawah Putih merupakan tujuan favorit wisata warga di sekitaran Bandung karena tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta tentunya Kawah Putih yang menjadi daya tarik utama.
Selain kawah yang berwarna putih di sekitar tempat ini juga terdapat tanah yang berwarna putih. Kawah yang berada di Ciwidey tersebut sebenarnya adalah kawah yang berada di kawasan pegunungan. Gunung ini tingginya sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.
Pada musim dingin biasanya suhu di tempat ini turun sangat drastis mencapai 80 celcius.Namun pada hari-hari biasa suasananya lebih hangat dan mencapai 220 celsius.Walau demikian bagi anda yang tidak terbiasa dengan kondisi cuaca dingin kemang, cobalah untuk selalu membekali diri dengan baju hangat atau jaket dan syal.
Kawah Putih memiliki air yang sangat jernih dan kadang-kadang berwarna kehijau-hijauan.Hal tersebut dikarenakan kandungan belerang yang terdapat di sekitar kawah.Bukit-bukit hijau yang ditumbuhi semak belukar merupakan pemandangan yang jamak kita temukan ditempat ini.
Akomodasi Kawah Putih
Akomodasi dan fasilitas di Kawah Putih, akomodasi dan fasilitas sudah lumayan lengkap karena telah memiliki beberapa akomodasi standar seperti area parkir, transportasi, pusat informasi, toilet, restoran dan warung makan.
Akses menuju kawah putih
Untuk mencapai tempat ini anda bisa mengaksesnya dari jalur Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Kopo.Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Soreang.Setelah itu anda akan tiba di Ciwidey.Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi anda juga masih bisa menggunakan angkot untuk datang ke tempat ini.
Untuk bisa masuk ke kawasan Kawah Putih biasanya anda harus membayar tiket masuk atau biaya kontribusi sebesar Rp. 15.000 per orang.
Namun sangat disayangkan bahwa ongkos parkir di tempat ini sangatlah mahal.Terutama jika anda ingin membawa kendaraan hingga ke dekat lokasi kawah.Untuk parkir di atas, kendaraan roda 4 biasanya dihargai Rp. 150.000, sedangkan roda dua dihargai Rp. 35.000.Namun jika anda tidak ingin biaya terlalu mahal untuk parkir anda bisa parkir di bawah dan berjalan menuju kawah biaya parkir di bawah biasanya Rp. 6.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua.
Tips
Jangan lupa untuk membawa masker jika anda berkunjung ke Kawah Putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar