Minggu, 25 Januari 2015

Tips Wisata Murah ke Yogjakarta



Yogjakarta, sebagai sebuah Kota Pelajar selalu menghadirkan berbagai tempat dan budaya yang menarik. Sebagai kota pelajar, kota ini dihuni oleh berbagai suku bangsa yang datang dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal inilah yang melatarbelakangi Yogjakarta sebagai salah satu ikon pendidikan di Indonesia. Ramainya siswa maupun mahasiswa yang datang ke Yogyakarta memberikan nilai tersendiri bagi budaya dan gaya hidup masyarakat Yogjakarta.

tips-wisata-murah-ke-yogjakarta

Selain sebagai kota pelajar,Yogjakarta sejak dahulu memang sudah dikenal sebagai kota budaya yang mewariskan banyak peninggalan-peninggalan sejarah serta adat istiadat kesultanan keraton.
Di Yogyakarta masih terdapat banyak bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri tegak dan masih berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, sebagian dari bangunan-bangunan bersejarah tersebut digunakan dan dimanfaatkan sebagai kantor-kantor oleh pemerintah daerah Yogyakarta.Hingga sekarang, bangunan-bangunan tersebut tetap terawat dan tampak masih kokoh.
Ikon Yogjakarta adalah Malioboro dan tugu, selain itu paris atau Pantai Parangtritis juga adalah salah satu ikon pariwisata di kota ini.
Malioboro memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena tempat ini menawarkan keunikan yang sulit anda temukan di tempat lain.
Yogyakarta sebagai kota pelajar, merupakan kota yang tidak terlalu mahal dalam arti anda bisa makan dan menginap dengan biaya yang murah.
Jika anda ingin berwisata ke yogyakarta dengan biaya murah, maka anda harus memiliki beberapa pengetahuan seputar Yogyakarta.Baik itu tempat makan, penginapan, transportasi, dan berbagai hal yang bisa menghemat budget anda.
Berikut adalah tips wisata murah ke Yogjakarta yang bisa anda gunakan sebagai pedoman diantaranya adalah.
1.      Siang hari
Usahakan untuk selalu tiba di tempat tujuan anda pada siang hari, dimana transportasi bukanlah kendala berarti pada siang hari. Pada malam hari biasanya transportasi akan menjadi lebih mahal dan sulit.
2.      Transportasi
Untuk menuju ke daerah daerah yang tidak terlalu jauh, anda bisa memanfaatkan ojek atau becak untuk mengantarkan anda menuju tempat yang akan anda tuju. Sedangkan jika anda ingin kepergian ke tempat yang lebih jauh, cobalah menggunakan BusTrans Jogja yang ongkosnya relatif sangat murah.
Setelah anda berada di penginapan, di sana anda bisa menyewa kendaraan roda dua yang rata-rata harga sewa per harinya sekitar Rp.50.000. Dengan begitu anda bisa pergi ke mana pun yang anda inginkan dengan berbekal Peta Wisata yang bisa anda dapatkan di beberapa tempat seperti di Pusat Informasi Wisata di Jalan Malioboro, atau di Mirota Batik Jalan Malioboro.
3.      Penginapan
Sosrowijayan adalah sebuah jalan yang ada di lingkungan Malioboro, tempat ini banyak memiliki hotel atau penginapan yang bertarif murah. Mulai dari 70 ribu hingga 100 ribu permalam. Tidak hanya penginapan di sosrowijayan, sebenarnya anda juga bisa mencari penginapan atau guest house yang berada di beberapa tempat misalnya di dekat Malioboro atau di dekat Alun-Alun Kidul.
Jika anda berwisata ke Yogjakarta berame-rame, maka Guest House adalah pilihan tepat. Harga sewa Guest House perhari sekitar Rp. 600.000. Namun jika anda datang sendiri atau berdua, maka penginapan di Sosrowijayan adalah pilihan tepat.
4.      Kuliner
Kuliner di sekitar Malioboro atau di sepanjang Jalan Malioboro bukankah kuliner yang berharga murah. Setiap orang yang makan di warung kaki lima sepanjang jalan ini harus menyiapkan uang dua kali lipat atau tiga kali lipat dibandingkan dengan warung-warung yang ada di gang-gang Malioboro atau di sekitaran Malioboro. Jadi untuk makan, anda bisa mencoba mendatangi warung-warung kecil atau angkringan yang menawarkan harga makanan relatif lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar