Senin, 02 Februari 2015

4 Kuliner Khas Kalimantan Timur



Kota minyak, adalah sebutan yang melekat pada Kalimantan Timur. Tidak hanya itu, sebenarnya Kalimantan Timur juga memiliki banyak sekali tambang. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Kalimantan Timur inilah yang seringkali menjadi daya tarik bagi para pengusaha dan investor untuk datang ke kalimantan.

4-kuliner-khas-kalimantan-timur

Namun tidak hanya kekayaan alam saja yang menjadi nilai plus dari pulau kalimantan. Suku Dayak dan budaya yang dimiliki oleh Kalimantan juga merupakan daya tarik bagi banyak orang untuk berkunjung ke Kalimantan.
Saat ini berbagai suku bangsa, agama, dan budaya sudah melebur menjadi satu di Kalimantan Timur dan menghasilkan beberapa budaya-budaya baru termasuk juga kuliner baru. Disamping kuliner asli khas Kalimantan yang berasal dari Suku Dayak, suku pendatang juga membawa budaya-budaya unik yang berbaur menjadi satu dengan kuliner suku yang lainnya.
Beberapa Kuliner khas kalimantan yang unik dan sangat nikmat diantaranya adalah:
1.       Ampang
Amplang sebenarnya tidak hanya kita temui di Kalimantan Timur saja, melainkan juga bisa kita temui di Pulau Sumatera. Lalu apa yang unik dari amplang khas kalimantan tersebut? Amplang Kalimantan memiliki cita rasa yang unik. Amplang kuku macan adalah amplang yang paling terkenal di Kalimantan Timur dan banyak dibeli oleh pengunjung yang ingin menjadikannya sebagai buah tangan bagi keluarga mereka.
2.       Lahung dan elai
Lahung dan elai adalah buah khas kalimantan yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Buah ini sangat mirip dengan durian hanya saja kulitnya berwarna merah dan memiliki daging buah yang tidak lembek seperti durian, dan memiliki aroma yang lebih lembut.
Rasanya sangat nikmat dan sedikit berbeda dengan durian.
Elai memiliki bentuk yang lebih kecil dan memiliki isi berwarna oranye terang hingga kuning. Baunya tidak terlalu menyengat dan rasanya tidak semanis durian akan tetapi memiliki tekstur lembut dan memiliki daging yang lebih keras dibandingkan durian.
3.       Nasi kuning
Jika anda berkunjung ke Kalimantan Timur khususnya ke ibukota Kalimantan Timur yaitu Samarinda cobalah untuk berkunjung ke Kampung Nasi Kuning. Disana terdapat banyak sekali warung-warung yang menjajakan nasi kuning dengan berbagai menu seperti menu khas Kalimantan yaitu Ikan Haruan.
Selain itu bumbu merah atau bumbu habang khas Kalimantan Selatan juga sering disajikan bersama nasi kuning. Di Kalimantan Timur, nasi kuning tidak disajikan pada saat-saat tertentu saja, melainkan hampir setiap hari bisa kita temukan nasi kuning di beberapa warung makan. Saat ini nasi kuning adalah makanan khas daerah yang bisa kita jumpai terutama pada saat sarapan.
4.       Mandai
Ini bukan kuliner biasa, mandai adalah makanan yang dibuat dari kulit cempedak. Makanan ini memiliki proses yang panjang sebelum dijadikan lauk atau teman makan. Rasanya pun sangat unik dan sangat nikmat apabila disajikan dengan sambal.
Di Kalimantan Timur, anda tidak bisa menemukan mandai setiap hari. Mandai biasanya disajikan pada musim buah cempedak antara bulan januari hingga maret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar