Selasa, 03 Februari 2015

4 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berwisata Ke Dieng



Dieng adalah dataran tinggi yang memiliki penghuni layaknya Nepal. Dataran tinggi ini sering disebut sebagai atap pulau Jawa. Ada berbagai pesona serta peninggalan sejarah yang terdapat di tempat ini. Pemandangan alam adalah menu utama yang disajikan oleh Dieng yang juga sering diburu oleh para wisatawan.

wisata-dieng

Ada 4 empat yang wajib anda kunjungi ketika berwisata di Dieng, dan keempat tempat tersebut diantaranya adalah :
1. Gunung Dieng
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Dieng adalah gugusan pegunungan yang indah dan mempesona. Gunung perahu adalah salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Di gunung ini terdapat sebuah taman yang dijuluki Taman Bunga Daisy, dimana biasanya bunga ini bermekaran pada musim kemarau.
Pemandangan utama di tempat ini tentu saja alam hijau permai yang menyejukkan mata. Lembutnya rerumputan berpadu dengan rindangnya pepohonan membuat tempat ini tampak sangat eksotis dan mempesona.
2. Telaga Warna Dieng
Telaga Warna yang terdapat di Dieng memiliki legenda yang dipercaya masyarakat sebagai asal muasal lahirnya Telaga Warna. Diceritakan pada jaman dahulu seorang bangsawan yang berada di tempat ini memiliki sebuah cincin yang indah dan kemudian jatuh ke telaga. Sejak itu telaga kemudian berubah menjadi warna warni.
Secara ilmiah, warna warni di permukaan telaga tersebut adalah akibat adanya endapan belerang di dasar telaga. Pendapatan belerang tersebut kemudian terpapar oleh cahaya sehingga memunculkan warna kuning, hijau, biru dan lain lain ke permukaan telaga.
Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Selain Telaga Warna di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa objek wisata seperti goa cemara, gua sumur, batu tulis, dan beberapa objek wisata lainnya.
Telaga Warna berada di desa Dieng wetan kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
3. Candi Dieng
Agama hindu yang banyak di peluk oleh masyarakat Dieng pada zaman dahulu menyebabkan dibangunnya beberapa candi. Bangunan yang rata-rata memanfaatkan batu tersebut sudah berusia ratusan tahun. Seperti kebanyakan candi, candi Dieng juga dahulunya tenggelam dan terkubur di antara perbukitan dan rawa-rawa.
Candi-candi tersebut mulai ditemukan kembali pada tahun 1814 dan mulai digali kembali pada tahun 1956. Hingga kini berbagai candi telah ditemukan di antaranya adalah Komplek Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati, Candi Setyaki, dan Candi Gatotkoco.
4. Kawah Dieng
Dieng juga termasuk salah satu gunung yang masih aktif sehingga wajar apabila terdapat kawah di tempat ini. Ada tiga kawah utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri.
Kawah-kawah itu sendiri adalah oleh magma yang terkadang memunculkan lava ke permukaan. Salah satu kawasan yang sangat terkenal adalah kawah Candradimuka. Kawah ini sering dikaitkan dengan kisah pewayangan.
Perlu anda ketahui, ketiga kawah tersebut tidak berada di satu tempat. Jika anda ingin berkunjung ke Kawah candradimuka anda bisa melakukan perjalanan menuju ke desa Pekasiran kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara.
Sedangkan jika anda ingin menyaksikan pemandangan Kawah Sikidang anda bisa pergi ke wilayah Dieng Wetan yang berada di kecamatan Kejajar kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Namun jika anda ingin menyaksikan Kawah Sileri anda bisa pergi ke desa Kepakisan, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar