Minggu, 01 Februari 2015

6 Tips Sebelum Anda Berwisata ke Kalimantan



Sebelum anda berwisata ke Kalimantan, cobalah untuk mendengarkan dan menyimak tips berwisata ke Kalimantan berikut ini.

6-tips-sebelum-anda-berwisata-ke-kalimantan
Ilustrasi Berlibur

Kalimantan adalah sebuah pulau yang sangat luas sehingga anda harus memiliki beberapa pengetahuan seputar objek wisata dan bagaimana berwisata ke Kalimantan agar anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.
Setiap daerah memiliki keunikan dan persiapan yang berbeda sebelum anda memulai perjalanan. Kalimantan yang memiliki daerah yang sangat luas dan memiliki provinsi-provinsi serta daerah-daerah yang dipisahkan oleh jalan yang cukup jauh dan melewati banyak hutan membuat anda harus ekstra dalam mempersiapkan segala sesuatunya.
Berikut adalah beberapa tips berwisata ke Kalimantan yang harus anda simak.
1.       Stamina
Hal pertama yang harus anda siapkan sebelum anda melakukan tour wisata di Kalimantan adalah stamina. stamina sangat penting karena perjalanan anda tidak akan dekat, melainkan sangat jauh. pulau Kalimantan yang luas menuntut stamina ekstra karena medan yang akan anda tempuh terkadang tidak semulus di Jawa atau di beberapa daerah seperti Bali. Selain itu, Kalimantan juga banyak memanfaatkan transportasi air sehingga anda harus terbiasa dengan hal tersebut.
2.       Tour guide
Bisa dipastikan bahwa objek wisata di Kalimantan jaraknya sangat jauh dan membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar. oleh sebab itu, guide mutlak dibutuhkan apabila anda ingin pergi ke suatu tempat yang belum anda kenal. Biarkan tour guide membimbing anda dan dengarkanlah arahan yang diberikan olehnya. Karena beberapa wilayah Kalimantan cenderung berbahaya.
Transportasi air misalnya, beberapa sungai memiliki arus yang deras sehingga membutuhkan kehati-hatian ekstra. tidak hanya itu mungkin beberapa tempat juga yang akan anda datangi adalah tempat dimana terdapat banyak binatang buas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, cobalah untuk mengenali daerah yang akan anda tuju terlebih dahulu dengan menggali informasi seputar objek wisata tersebut.
3.       Offroad
Kalimantan, tidak sama dengan pulau Jawa dan pulau Bali, jalan-jalan di pulau Kalimantan tidak sebaik jalan yang anda temukan di Pulau Jawa. Di beberapa wilayah Kalimantan, jalannya masih cukup memprihatinkan sehingga anda harus memiliki stamina dan persiapan ekstra. Jika anda berencana keluar kota, misalnya masuk ke wilayah kampung-kampung, maka anda membutuhkan mobil dengan kemampuan yang mumpuni untuk offroad. Selain itu, mungkin motor adalah alternatif kedua yang bisa anda gunakan selain mobil. Motor jenis trail sangat cocok apabila digunakan untuk berpetualang di Kalimantan.
4.       Sepatu boot
Jika anda ingin menjelajah di Kalimantan maka sepatu boot adalah perlengkapan yang harus anda bahwa karena Kalimantan banyak memiliki tanah gambut dan tanah liat. Pada musim hujan biasanya banyak jalan yang kondisinya tidak terlalu baik dan becek.
5.       Losion anti nyamuk
Lotion anti nyamuk tidak boleh anda lupakan jika anda berkunjung ke Kalimantan. Hutan yang masih banyak mengelilingi pulau Kalimantan adalah salah satu faktor mengapa nyamuk merupakan momok utama di tempat ini. Jika anda berencana berkunjung ke suatu tempat maka anda wajib membekali diri anda dengan lotion anti nyamuk.
6.       Cenderamata
Jika anda berkunjung ke suatu tempat, cinderamata adalah sebuah keharusan bukan?
Kalimantan timur memiliki ciri khas dan cendramata yang sedikit unik seperti mandau, kerajinan dari manik-manik, dan dan sumpit serta tatoo. Sedangkan jika anda berkunjung ke Kalimantan barat, di sana kemungkinan besar anda bisa membeli Replika Tugu Khatulistiwa, serta beberapa hiasan manik-manik. Kalimantan juga memiliki batik khas Kalimantan dengan corak khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar