Sabtu, 07 Februari 2015

7 Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia


Dengan jumlah 20%(persen) dari total terumbu karang yang ada di dunia dan lebih dari 3.000 spesies ikan yang berbeda, lebih dari 600 jenis karang, palung, gunung laut,vulkanik, bangkai kapal Perang Dunia II, berbagai jenis kehidupan mikro, adalah alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

7-tempat-menyelam-terbaik-di-indonesia

Ada banyak tempat menyelam terbaik di Indonesia.Akan tetapi,saya akan menunjukkan anda 7 (tujuh) tempat menyelam terbaik yang ada di Indonesia, dimana anda bisa menyaksikan kehidupan laut serta taman laut yang akan membuat anda terkagum-kagum.
1.      Raja Ampat
Salah satu tujuan wisata yang benar-benar mengagumkan adalah Raja Ampat. Pemandangan bawah laut yang mengagumkan merupakan salah satu yang terbaik di dunia, selain itu pemandangan alam dan pantai yang ada di Raja Ampat juga sangat luar biasa.
Raja Ampat adalah sebuah kepulauan dimana kita bisa menikmati terumbu karang,berbagai spesies ikan yang unik dan langka, dan masih banyak lagi yang lainnya.
2.      Taman Nasional Laut Bunaken
Taman Nasional Laut Bunaken adalah salah satu taman laut terindah di dunia dan terkenal akan formasi karangnya yang sangat luas.Terdapat sekitar 3000 spesies ikan di tempat ini. Selain itu di tempat ini anda juga bisa menyaksikan spesies ikan langka lainnya seperti lumba-lumba, ikan duyung, dugong-dugong dan masih banyak jenis ikan hias yang lainnya.
3.      Kepulauan derawan
Kalimantan tidak melulu hutan belantara, di Kalimantan Timur, tepatnya di daerah Berau terdapat sebuah kepulauan yang bernama Kepulauan Derawan, dimana anda akan menemukan sebuah tempat yang unik karena memiliki terumbu karang yang berwarna warni.
Kepulauan derawan adalah tujuan banyak para diverdi dunia karena memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Selain itu, beragam ikan hias juga ada ditempat ini. Tidak mengherankan apabila pulau ini digolongkan sebagai salah satu dari tiga pulau tempat penyelaman terbaik di dunia. Tidak hanya spot diving, derawan juga memiliki pantai-pantai yang indah dan alam yang eksotis.
4.      Kakaban
Kakaban juga terletak di Kepulauan Derawan,Kecamatan Pelawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kakaban adalah salah satu pulau dari kelompok Kepulauan Derawan yang dinominasikan sebagai salah satu warisan dunia.
Boleh dikatakan bahwa Kakaban merupakan sebuah pulau yang langka karena memiliki berbagai jenis terumbu karang dan taman laut kelasdunia,Kakaban bersanding dengan kepulauan Mikronesia yang ada di Filipina.
5.      Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo merupakan salah satu tempat yang paling menyenangkan di Indonesia. Tempat ini memiliki arus yang kuat. Tempat ini sangat unik karena menjadi tempat dimana bertemunya arus dingin dan arus hangat. Kondisi tersebut kemudian menciptakan rumah bagi plankton. Kehadiran plankton inilah yang membuat Taman Nasional Komodo menjadi salah satu rumah bagi para ikan.Di tempat ini kita juga bisa menyaksikan ikan paus dan lumba-lumba. Keindahan bawah laut yang disajikan oleh taman nasional komodo tidak perlu diragukan lagi.
6.      Sangalaki
Di Sangalaki bagian utara banyak dikunjungi oleh penyelam serta mereka yang menyukai snorkeling karena tempat ini memiliki terumbu karang yang indah.Sangalaki merupakan salah satu taman laut Indonesia yang dilindungi. Pada tahun 90an Sangalaki banyak mengalami kerusakan akibat para nelayan yang menggunakan bom serta racun sianida untuk menangkap ikan. Namun kini Sangalaki sudah mulai berbenah dan merupakan salah satu contoh ekosistem laut tropis yang sangat indah. Banyak orang mengatakan bahwa Sangalaki adalah salah satu surga terbaik menyelam di dunia.
7.      Selayar
Selayar juga terkenal dengan keindahan dan kekayaan bawah lautnya. Kepulauan ini memiliki terumbu karang dengan luas sekitar 1 juta hektar. Itu berarti, luas tersebut setara dengan 50%(persen) dari total luas Kabupaten Selayar.
Terumbu karang yang ada di tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Banyak dari penyelam mengatakan bahwa tempat ini lebih indah dari Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara.Selayar adalah salah satu tempat dimana anda bisa menemukan keindahan alam yang murni dengan terumbu karang yang berwarna-warni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar