Jumat, 06 Februari 2015

Danau Labuan Cermin Kalimantan



Kalimantan yang sebagian besar masih berupa hutan ternyata menyimpan banyak pesona objek wisata yang exotic dan menarik. Walaupun tempatnya sedikit jauh dari pusat kota, akan tetapi objek wisata yang ada di Kalimantan benar-benar unik dan menantang adrenalin. Untuk mencapai tempat-tempat tersebut, anda membutuhkan stamina, persiapan, serta mental yang kuat.

danau-labuan-cermin-kalimantan

Objek Wisata
Salah satu objek wisata yang menarik di pulau ini adalah Danau Labuan Cermin, ini adalah danau yang sangat istimewa. Danau Labuan Cermin memiliki air yang super jernih.
Tidak hanya itu, keunikan lainnya adalah air yang ada di danau ini memiliki dua rasa yang berbeda. Bagian atas danau ini memiliki air yang berasa tawar dan jika anda menyelam beberapa meter ke bawah anda akan menemukan air yang rasanya asin. Jika anda melihat dari atas, anda akan melihat pemisah antara air asin dan air tawar yang terlihat seperti kabut putih dan mirip seperti awan.
Tak hanya itu, di danau ini kita akan menemukan dua jenis ikan yaitu ikan air tawar dan ikan air asin. Labuan Cermin sendiri terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk Biduk, Kalimantan Timur.
Akses Menuju Wisata Danau Labuan Cermin
Jika anda menggunakan perjalanan darat untuk mencapai tempat ini, anda akan menghabiskan waktu sekitar 6 hingga 7 jam dari kota Berau. Untuk mencapai Labuan Cermin, anda terlebih dahulu harus pergi ke Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan adalah salah satu kepulauan yang menyajikan pemandangan bawah laut yang indah dan menawan.
Untuk mengakses Labuan Cermin dari bandara Sepinggan Balikpapan kita bisa menggunakan pesawat untuk terbang menuju Tanjung Redeb. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Biduk Biduk dengan menggunakan mobil atau kendaraan lainnya. Perjalanan dari Tanjung Redeb menuju ke Biduk Biduk sekitar 6 jam. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak. Jalur tersebut akan memakan waktu sekitar 45 menit.
Sampai disini, anda bisa menunggu perahu yang akan mengantarkan anda ke danau Labuan Cermin.
Untuk masuk ke dalam danau, biasanya anda akan dibawa menggunakan perahu. Perjalanan menuju ke danau memakan waktu sekitar 15 menit. Perahu akan berjalan melewati hutan bakau yang dihuni oleh monyet, bekantan dan berbagai binatang lainnya. Suasana di tempat ini cukup tenang dan nyaman.
Akomodasi
Tidak ada penginapan di tempat ini sehingga anda harus datang pagi-pagi dan anda harus kembali sebelum petang. Tidak ada fasilitas khusus di tempat ini kecuali rakit yang memang sengaja dibuat sebagai tempat singgah dan tempat berganti pakaian sebelum anda berenang di Labuan Cermin. Di tempat ini telah disediakan pelampung berupa ban dalam yang bisa anda sewa dari pemilik perahu. Selain itu, terdapat juga peralatan snorkeling yang bisa anda sewa sekaligus.
Jika anda sudah berada di tempat ini cobalah untuk berenang atau menyelam ke bawah dan merasakan sendiri air asin yang ada di dasar danau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar