Minggu, 01 Februari 2015

Keindahan Tempat Wisata Raja Ampat Papua



Indonesia, adalah negara yang indah dengan segala kekayaan alamnya. Hal ini, terbukti dengan adanya kepulauan-kepulauan yang menjadi primadona wisata di Indonesia. Salah satunya adalah Kepulauan Raja Ampat. Raja Ampat   merupakan sebuah kepulauan yang memiliki kawasan terumbu karang terbaik di Indonesia. 

keindahan-tempat-wisata-raja-ampat-papua


Objek Wisata
Kepulauan Raja Ampatterdiri dari empat pulau-pulau kecil yaitu Salawati, Misool dan Batanta. Wilayah Raja Ampat memiliki taman laut murni yang alami dan sulit ditemukan tandingannya di belahan bumi manapun. Tempat ini kaya akan terumbu karang dan spesies ikan unik serta langka.
Menurut penelitian, sekitar 500 jenis terumbu karang dan lebih dari 540 jenis karang keras 75% dari total jenis di dunia terdapat di tempat ini. Selain itu, ada sekitar 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska menyebar di sekitar perairan Raja Ampat. Para diver menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu dari 10 situs menyelam terbaik di dunia.
Beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di Raja Ampat diantaranya adalah menikmati panorama yang eksotis serta pemandangan laut yang indah. Selain itu anda juga bisa melakukan snorkeling, diving di tempat-tempat yang spektakuler, serta beberapa teluk dangkal yang memiliki pemandangan sensasional. Yang berbeda dan akan semakin membuat anda kagum dengan Raja Ampat adalah di tempat ini juga terdapat hutan bakau lengkap dengan penghuninya.
Selain itu anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing. Biasanya para wisatawan juga datang ke tempat ini untuk memancing bonefish, marlin, sailfish dan ikan-ikan lainnya. Di tempat ini juga kita bisa menyaksikan pemandangan yang tak biasa, yaitu melihat bangkai kapal yang sebagian besar merupakan kapal kapal perang dunia ll.

Akses Menuju Kepulauan Raja Ampat
Untuk bisa mencapai Raja Ampat, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Akan tetapi Raja Ampat sangat spesial sehingga tidak semua orang bisa datang ke tempat ini. Selain itu pengunjung yang datang ke Raja Ampat selalu dibatasi oleh pemerintah terutama dinas pariwisata karena mereka ingin menjaga keaslian dan menghindari kerusakan akibat eksplorasi.
Berbeda dengan beberapa pulau di Indonesia seperti pulau Bali yang menyediakan penerbangan berpuluh-puluh kali menuju dalam dan luar pulau, Raja Ampat hanya bisa diakses dengan batas-batas tertentu. Rute yang banyak dilalui oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Raja Ampat adalah melalui kota Sorong.
Kota Ini adalah kota terbesar di provinsi Papua Barat. Anda bisa memulai perjalanan dari Jakarta ke kota Sorong menggunakan pesawat yang memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Pada umumnya, biasanya anda akan transit di Makassar terlebih dahulu. Selain dari Jakarta dan Makassar, kota Sorong juga bisa diakses dari beberapa kota serta negara asia lainnya. Negara-negara yang bisa mengakses kota Sorong diantaranya adalah Singapura, Kuala Lumpur, dan Philipina. Penerbangan Jakarta - Sorong yang ada melalui Makassar atau Manado diantaranya adalah Merpati Nusantara Airlines, Lion Air dan Garuda Indonesia.
Dari kota sorong kita harus melanjutkan perjalanan menuju ke Waisai yaitu ibu kota Raja Ampat. Perjalanan menuju Waisai dapat  dilakukan menggunakan kapal cepat. Kapal ini biasanya berisi 10 orang dan memiliki tarif sekitar 2 juta.

1 komentar:

  1. Papua masih banyak menyimpan keindahan alam
    Raja Ampat keren banget
    Semoga tempat wisata indonesia makin maju

    BalasHapus