Rabu, 11 Februari 2015

Lotek, Kuliner Khas Jogja yang Bikin Kangen



Sejak lama saya sudah memimpikan Jogja (Yogyakarta) sebagai tujuan wisata selanjutnya. Persiapan sudah saya lakukan mulai dari ongkos, hingga beberapa potong pakaian untuk dipakai beberapa hari ini. Rencana awal saya akan menginap di Jogja kurang lebih 2-3 hari.

nikmatnya-lotek-jogja

Akan tetapi, keindahan Jogja yang sulit ditolak membuat saya harus menginap beberapa hari lagi. Selain itu, harga makanan dan harga penginapan yang relatif murah membuat Jogja menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.
Setelah puas berjalan-jalan terutama di Alun-Alun Kidul dan Malioboro saya mampir di salah satu warung yang berada di kaki lima Jalan Malioboro. Pertama yang saya pesan adalah gudeg. Tentu saja makanan ini masuk ke dalam list saya sebagai salah satu makanan yang wajib dicicipi. Gudeg memiliki cita rasa yang enak dan manis. Teksturnya sangat lembut dan nikmat disajikan dengan daging ayam.
Setelah kenyang menikmati gudeg dan diiringi musik dari pengamen, saya memutuskan untuk kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang lainnya.Namun, sebelum kembali ke hotel, ketika membayar untuk makanan yang telah saya makan, ternyata harga untuk beberapa porsi gudeg dan minuman bisa dikatakan sedikit lebih mahal dibanding pengalaman saya sebelumnya.
Berbekal dari pengalaman tersebut selanjutnya saya lebih berhati-hati ketika mendatangi sebuah warung terlebih jika warung tersebut berada di sekitaran Jalan Malioboro. Sejak itulah saya memutuskan untuk membeli makanan maupun minuman di dalam gang-gang yang ada di sekitar Malioboro. Harga yang saya temukan di dalam gang-gang Malioboro ternyata lebih murah dan lebih bersahabat dibandingkan dengan warung kaki lima yang berada di jalan Malioboro.
Satu warung makan yang sering saya kunjungi adalah warung makan di dekat hotel tempat saya menginap di jalan Sosrowijayan. Warung makan tersebut menawarkan beberapa menu, dan salah satunya adalah menu yang rasanya sangat nikmat dan sulit untuk dilupakan. Menu tersebut adalah “Lotek”.Lotek khas Jogja tersebut yang hingga kini terus menjadi bayangan dan memupuk rasa kangen akan suasana dan makan Jogja.
Dengan harga yang murah meriah dan rasa yang lezat serta nikmat, rasanya patut apabila lotek menjadi salah satu makanan khas yang bikin wajib dicicipi.
Bagi anda yang berencana untuk datang ke Jogja dan menikmati keindahan Malioboro, pengalaman saya diatas mungkin bisa anda jadikan acuan untuk lebih berhati-hati ketika berwisata. Terlebih jika anda adalah backpacker. Walau demikian, kota Jogja memang sangat luar biasa, memiliki banyak sekali objek wisata menarik.
Jangan lupa untuk mengabadikan Tugu Jogja dengan berbagai pose yang anda inginkan. Tugu Jogja adalah tempat yang wajib anda kunjungi, karena seseorang tidak akan dikatakan pernah bermain ke Jogja jika mereka belum mengunjungi Tugu Jogja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar