Kamis, 19 Februari 2015

Tips Menjadi Pemandu Wisata yang Baik



Menjadi pemandu wisata, atau tour guide. Terkadang merupakan sebuah tantangan yang mengasikkan. Tidak hanya itu, selain dibayar, kita juga bisa menikmati keindahan perjalanan dan objek wisata yang kita tuju. Akan tetapi, perlu diingat bahwa, untuk menjadi pemandu wisata yang baik dibutuhkan beberapa hal seperti skill dan kemampuan berkomunikasi serta kemampuan menjelaskan atau menguasai objek tujuan wisata itu sendiri.

tips-menjadi-pemandu-wisata-yang-baik

Berikut adalah tips menjadi pemandu wisata yang baik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan anda kepada touris yang anda bawa.
1.      Atasi keramaian
Jika anda menjadi guide, biasanya anda akan berada di keramaian objek wisata. Terlebih jika anda membawa lebih dari 10 orang dalam sebuah perjalanan. Cobalah untuk membawa seorang teman yang akan mewakili anda di kerumunan atau kelompok turis yang anda bawa agar ada seseorang yang bisa mengarahkan, membantu, dan menjelaskan apabila ada yang kurang jelas serta agar mereka mendengar apa yang anda instruksikan atau katakan.
Terkadang karena ramainya pengunjung atau banyaknya turis yang ikut membuat seorang tour guide sibuk dengan subjek.Akan tetapi, mereka lupa untuk menghadapi orang-orang yang dia bawa.
2.      Menjadi diri sendiri
Tidak peduli apapun dan dimanapun anda, tetaplah untuk menjadi diri sendiri dan selalu ramah pada turis yang anda bawa. Jangan libatkan emosi atau kecintaan anda pada sesuatu sehingga menyebabkan anda lupa pada tujuan anda sebenarnya. Cobalah untuk selalu membangun hubungan yang lebih pribadi dengan grup agar tour yang anda lakukan lebih mengesankan.
3.      Bercerita
Pastikan bahwa anda memiliki beberapa cerita yang menyenangkan dan menarik untuk diberitahu tentang bangunan atau objek wisata yang anda tuju. Orang lebih cenderung merasa senang apabila mereka mendengarkan sebuah cerita atau legenda, bukan daftar tanggal dan nama.
4.      Gerak cepat
Jangan terlalu terpaku atau membuang-buang waktu untuk sesuatu yang bisa anda lakukan di jalan. Contohnya, cobalah untuk membuat sebuah memo atau panduan perjalanan terlebih dahulu yang bisa anda mulai dari perkenalan, pengaturan tema, menyediakan konteks, dan melakukan rencana rencana lainnya.
Tujuan yang pasti akan membuat anda lebih mudah. Tidak hanya itu, turis biasanya lebih suka apabila mereka segera melakukan sesuatu atau berangkat dengan sesegera mungkin. Jadi cobalah untuk mengajak mereka berjalan terlebih dahulu sekitar 30 atau 50 meter kemudian anda bisa mengajak mereka berkomunikasi seperti perkenalan dan lain sebagainya.
5.      Bantuan yang terorganisir
Anda tidak bisa bekerja sendirian, anda harus memiliki beberapa orang yang bisa membantu anda untuk mengorganisir semua yang akan anda lakukan mulai dari transportasi, hingga penginapan. Hal ini akan lebih memudahkan anda serta membuat turis yang anda bawa lebih tenang ketika anda mampu menguasai keadaan.
6.      Tepat waktu
Ini adalah sebuah kebiasaan buruk di mana seseorang memiliki jam karet atau tidak pernah tepat waktu.Tourist sangat tidak suka menunggu.Oleh sebab itu, cobalah untuk datang tepat waktu dan juga mengakhiri segala sesuatunya tepat waktu.


7.      Jangan menghawatirkan kesempurnaan
Tentunya sebagai seorang guide anda menginginkan sebuah kesempurnaan. Akan tetapi, jangan sampai anda terjebak dengan hal tersebut. Orang-orang tidak mengharapkan anda untuk menjadi sempurna, dan trik mengatur atau mensetting segala sesuatunya sehingga terlihat kaku akan membuat turis yang anda bawa merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, tetaplah menjadi diri sendiri dan sampaikan apapun yang anda tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar