Senin, 09 Februari 2015

Tugu Khatulistiwa, Tugu Tanpa Bayangan



Tugu Khatulistiwa di Pontianak adalah salah satu tugu yang sangat unik karena pada saat-saat tertentu di tempat ini, anda tidak akan menemukan bayangan benda pada siang hari.
Jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat terutama Pontianak,rasanya tidak afdol jika tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa.Tugu ini menjadi salah satu daya tarik kota Pontianak.Dan pemerintah daerah telah mengembangkan taman serta beberapa sarana prasarana dan akomodasi di sekitar tempat ini sehingga membuat pengunjung atau para wisatawan merasa lebih betah dan nyaman.

tugu-khatulistiwa-tugu-tanpa-bayangan

 
Sejarah Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa memang tidak lepas dari sejarah.Tugu yang didirikan pada tahun 1928 oleh ahli geografi berkebangsaan Belanda ini merupakan salah satu monumen terpenting di Pulau Kalimantan.Tugu yang berlokasi di Jalan Khatulistiwa Kota Pontianak Utara Provinsi Kalimantan Barat tersebut dibangun dengan posisi yang hampir sempurna dan berfungsi sebagai tanda bahwa tempat ini adalah titik 0 (nol) antara bumi bagian selatan dan bumi bagian utara.
Akan tetapi pada tahun 2005 lalu, tim badan pengkajian dan penerapan teknologi telah melakukan beberapa koreksi untuk menetapkan titik 0 (nol) garis khatulistiwa di Pontianak.
Setelah melakukan penelitian didapatkan bahwa, ternyata posisi 0 (nol) derajat, berada sekitar 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari posisi tugu yang ada sekarang.
Walau demikian, tugu ini tetap berdiri dan menandakan bahwa tempat ini memang istimewa.Pada bagian atas tugu terdapat sebuah panah serta tulisan yang berfungsi sebagai penanda.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, pada saat-saat tertentu di tempat ini segala bayangan akan menghilang sejenak karena matahari berada tepat di atas kepala.Peristiwa tersebut biasanya terjadi pada tanggal 21 – 23 Maret, serta pada tanggal 21 – 23 September.Fenomena ini akan berlangsung setiap tahun.Jadi,jika anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa, sebaiknya anda mempersiapkan segala sesuatunya termasuk juga jadwal keberangkatan mulai saat ini.
Sebenarnya peristiwa kulminasi atau peristiwa hilangnya bayangan ketika matahari tepat berada diatas kepala tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di beberapa negara seperti Brazil,Ekuador,Kolombia, dan Peru. Namun dari semua negara-negara tersebut yang benar-benar dilalui oleh garis khatulistiwa adalah Kota Pontianak.
Saat ini Tugu Khatulistiwa telah mengalami beberapa perombakan dan perubahan serta penambahan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keaslian serta melindungi tugu asli dari kerusakan.Tinggi tugu ini mencapai 4,40 meter dengan 4 tonggak kayu ulin sebagai penopangnya yang berdiameter 0,3 puluh meter dan memiliki tinggi sekitar 3,5 meter.
Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu anda agar anda tetap merasa nyaman selama berkunjung. Cobalah untuk selalu membawa topi serta kacamata karena di tempat ini memang terkenal akan cuacanya yang sangat cerah dan panas.Seperti yang telah diungkapkan diatas, Pemerintah Daerah sudah membangun beberapa taman serta tempat persinggahan di sekitar tugu.
Seperti kebanyakan pulau Kalimantan yang lainnya, anda juga diharuskan berbekal lotion anti nyamuk karena di tempat ini masih banyak terdapat nyamuk yang berkeliaran. Untuk tips selengkapnya, Anda bisa membacanya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar